Halo Kepodunia~
Di kota atau di daerah kalian masihkah ada tukang kuda yang berkeliling? atau di tempat kalian masih ada beberapa transportasi kuda seperti delman? Memang transportasi kuda ini sudah sangat jarang dijumpai pada zaman sekarang karena telah kalah pamor dengan alat transportasi yang semakin maju yaitu motor dan mobil. Namun tetap di Indonesia kita masih banyak menjumpai Kuda di tempat-tempat tertentu baik sebagai daya tarik rekreasi atau pun sebagai alat transportasi.

Penasaran juga dengan hal yang ingin saya ketahui mengenai kuda ini ketika saya melihat kuda berjalan berbunyi berirama tak tik tok tak tik tok~. Yap itu adalah suara sepatu kuda yang selalu di kumandangkan pada lagu anak delman istimewa hehe. Yang membuat saya penasaran adalah mengapa kuda harus memakai sepatu kuda atau tapal kuda padahal ketika di alam bebas kuda-kuda tidak memakai tapal kuda dan baik-baik saja. Lantas mengapa mengapa kuda-kuda di perkotaan atau yang dipelihara memakai sepatu yang bahkan terbuat dari besi ini, pasti ada alasannya.

Ternyata fungsi dari tapal kuda ini sangatlah membantu kuda-kuda dalam sehari-harinya. Mengapa demikian? Kaki kuda itu terdiri dari jari-jari kaki yang cukup besar dan bentuknya miring. Jika pada kebanyakan hewan, jari-jari kakinya memiliki cakar, maka kuda hanya memiliki kuku. Kuku ini, ada di sekeliling jari kakinya.

Nah, daerah di sekeliling kuku itu “mati rasa”. Jadi, tidak akan merasa sakit meskipun terluka. Lalu bagian tengah kaki kuda itu ada semacam kulit lembut dan tidak terlindungi oleh apapun. Jika kuda mengangkut beban yang berat sambil berlari maka bagian tersebut bisa saja menyentuh tanah dan terluka dan berjalan pincang.

Untuk itu, dibuatlah sepatu besi untuk melindungi kulit lembut yang ada di kaki kuda agar terhindar dari luka. Selain itu, ternyata dengan menggunakan sepatu besi kuda akan berlari lebih cepat. Jadi, sepatu kuda sama fungsinya seperti sepatu yang kita gunakan, yaitu untuk melindungi kaki. Tentu saja tidak semua kuda memakai sepatu besi. Hanya kuda-kuda yang dipelihara atau dirawat manusia saja yang menggunakan sepatu. 

SUMBER :

0 komentar:

Posting Komentar