Halo Kepodunia~
Terlintas dalam pikiran ketika saya sedang membersihkan motor sendiri melihat gear motor yang menurut saya sangat berbeda. Kenapa? karena ada hal yang berbeda antara gear pada sepeda dan gear pada motor. perbedaannya adalah gear motor yang menempel pada roda belakang lebih besar dibandingkan depannya, sebaliknya pada sepeda gear yang menempel pada roda belakang lebih kecil dibandingkan depannya. Lantas mengapa hal tersebut berbeda? karena pada dasarnya sepeda dan motor sejenis. Setelah saya cari mengapa demikian karena hal tersebut ada alasannya mengapa motor dan sepeda memiliki perbedaan pada gear tersebut.

Penyebabnya adalah karena pada sepeda tenaga untuk menggerakkan roda adalah tenaga manusia sedangkan pada motor tenaga penggerak untuk memutarnya adalah tenaga yang berasal dari mesin. Oleh karenanya agar pada sepeda dapat memutar roda dengan tenaga yang kecil maka gear depan pada sepeda selalu lebih besar dari gear belakang.

Sedangkan pada motor, tenaga berasal dari mesin yang lebih besar tenaganya. Namun bobot sepeda motor jauh lebih besar dari pada sepeda. Untuk itu, agar motor bisa melaju dengan kencang. Maka torsi yang dihasilkan oleh gaya gesek roda dengan jalan harus dibuat sekecil mungkin, sehingga putaran mesin tidak macet. Oleh karenanya, gear belakang sepeda motor selalu lebih besar daripada gear depan.

Itulah mengapa sepeda dan motor gearnya berbeda karena penggerak pada motor dan sepeda berbeda maka dibuat berbeda gearnya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

SUMBER :

0 komentar:

Posting Komentar