Halo Kepodunia~
Sempat menengok ketempat matrial bangunan beberapa minggu yang lalu untuk membeli paku pada waktu itu. Ada hal yang membuat saya penasaran disana karena saya baru pertama kali melihat secara langsung bagaimana kaca dipotong sesuai ukuran yang kita inginkan. Yang saya tahu struktur kaca berbeda dengan kertas dan bahan-bahan yang lain karena sulit untuk memotong kaca sesuai bentuk yang kita inginkan. karena sifat kaca yang mudah pecah dan sulit untuk dipotong. Namun ketika yang saya lihat Tukang bangunan dengan mudahnya memotong kaca seperti menggunakan cutter pada kertas.

Alat pemotong kaca ini bentuknya seperti pulpen namun diujung tidak tajam seperti cutter. Ternyata alat pemotong ini tidak memotongnya namun hanya menggarit atau menggores kaca tersebut. Tidak seperti kertas yang langsung terpotong ketika digores oleh cutter. 

Rahasia untuk memotong kaca ini adalah mengggunakan batu jenis intan yang merupakan batu dengan skala moh paling tinggi yang sangat kuat yang diletakan diujung alat tersebut. Batu intan tersebut akan menggarit kaca sehingga struktur kaca yang sangat mudah pecah ini akan mengikuti garitan yang dibuat oleh batu intan tersebut. Sehingga kaca terpotong sesuai dengan garitan. Perlu diingat kaca ini hanya dipotong dengan satu kali garitan dan tidak bisa diulang karena apabila diulang apat mengakibatkan arah garitan yang berbeda dan kemungkinan kaca akan terbelah keluar dari jalur garitan.

Begitulah rahasia dibalik pemotong kaca, sekarang kita tahu bahwa batu intan dapat memotong kaca hanya dengan menggaritnya. Jadi untuk menentukan palsu atau tidak nya batu intan cukup mudah hanya dengan meggoresnya pada kaca. Apabila kaca tersebut belah maka itu adalah batu intan. Pantas saja batu intan mahal ya selain indah juga ternyata kekuatannya sangat hebat.

Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar