Halo Kepodunia~
Listrik sudah menjadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Di setiap rumah pasti memiliki listrik untuk kebutuhan manusia dalam menjalankan aktivitasnya. Kita bisa menikmati listrik karena ada ada perantara penyalur listrik tersebut agar bisa sampai di perkotaan atau di rumah kita walaupun sumber listrik sangat jauh. Pasti tahu kan apa perantara penyalur listrik tersebut. Perantaranya adalah kabel yang dipasang sangat panjang hingga kita semua bisa menikmati listrik saat ini. Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan kabel listrik ini yang tergantung dari tiang ketiang yang sangat tinggi diatas. Kabel yang banyak layangan ataupun benang-benang yang tertempel di Indonesia ini hehe.

Sempat terlintas tidak mengapa kabel listrik ditiang-tiang dipasang dengan mengendur ? coba kalian lihat pasti kabel tersebut dibuat kendur atau melengkung kebawah. Lantas mengapa hal tersebut dibuat seperti itu, padahal apabila dibuat lurus akan terlihat lebih bagus atau rapi disepanjang jalan atau bahkan dapat menghemat panjang kabel yang digunakan. Inilah jawaban mengapa Kabel listrik dibuat kendur.

Zat-zat yang ada di alam ini memiliki kecenderungan untuk memuai ketika suhunya panas dan menyusut ketika suhunya dingin. Pada siang hari, matahari menyinari permukaan bumi, sehingga suhu di siang hari menjadi panas. Sebaliknya, pada malam hari, matahari tidak menyinari permukaan bumi, sehingga suhu di malam hari menjadi dingin. Apa akibatnya terhadap kabel listrik?
 
Akibatnya adalah, kabel listrik akan memuai (bertambah panjang) pada siang hari karena adanya panas dan menyusut (bertambah pendek) pada malam hari karena tidak ada matahari. Nah, Jika kabel listrik dipasang terlalu ketat, maka kabel tersebut akan menyusut sedemikian pendek ketika cuaca malam terlampau dingin. Hal ini dapat mengakibatkan putusnya kabel. Itulah sebabnya kabel listrik dipasang secara kendur, agar ketika suhu malam hari sangat dingin, kabel tidak terlalu ketat sehingga tidak putus. 

Mungkin Anda berpikir, kalau begitu, pasang saja kabel secara ketat pada malam hari, toh ia akan mengendur pada siang hari dan kembali ke ukurannya semula ketika malam tiba. Sepintas, pemikiran seperti ini tampak masuk akal. Kita memang bisa menentukan seberapa ketat kabel berdasarkan perkiraan suhu. Akan tetapi, sangat mungkin terjadi bias kekeliruan dalam sistem perkiraan, sehingga meningkatkan resiko putusnya kabel. Oleh karena itu untuk mengantisipasinya agar kabel tidak putus maka dibuat kendur kebawah.

SUMBER :

0 komentar:

Posting Komentar