Halo Kepodunia~
Dalam kehidupan yang kalian jalani pasti kalian pernah melihat Burung kan ? baik di TV atau pun di lingkungan sekitar anda. Apa sih hal yang membuat kita ingin tahu kali ini? hal yang sangat dasar tentunya, namun masih penasaran mengapa ha tersebut terjadi. Hal tersebut adalah kejadian sehari-hari burung yang selalu bertengger di sebuah kawat listrik dengan tegangan 10.000 volt atau bahkan 100.000 volt yang cukup bisa membuat mati kesakitan apabila tersengat tegangan sebesar itu. Disisi lain burung-burung dengan santainya lalu lalang dan bertengger dikawat tersebut dengan seenaknya tanpa tersengat kejutan listrik bahkan tidak ada bulu 1 pun yang tersengat. Tentunya hal itu membuat kita ingin tahu mengapa itu terjadi. Kira-kira apa rahasianya ya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Tentu kamu tahu bahwa listrik akan mengalir dari tegangan tinggi ke tegangan rendah seperti air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah. Bumi atau tanah memiliki tegangan rendah, maka listrik selalu mengalir ke bumi dari sumber tegangan melalui konduktor. Tubuh kita merupakan konduktor yang baik, sehingga mampu mengalirkan listrik dari sumber listrik ke bumi jika kita tidak menggunakan alas kaki atau langsung menginjak tanah. Listrik akan mengalir jika ada rangkaian tertutup seperti percobaan yang dilakukan di sekolah. Sebuah lampu yang dihubungkan dengan batere akan menyala jika saklarnya dihubungkan. Artinya, terjadi perpindahan potensial dari kutub negatif ke kutub positif. Jika kutub yang dihubungkan sejenis, maka listrik tidak akan mengalir.

Bagaimana dengan burung? Burung hanya menginjak salah satu kabel dari kawat listrik dan tidak menyebabkan perbedaan potensial pada kabel listrik tersebut sehingga tidak terjadi aliran listrik yang menyetrum burung. Kalau sampai burung tanpa sengaja menginjak dua kabel, yaitu kabel bertegangan dengan kabel yang netral, burung tersebut juga akan kesetrum. Selain itu, burung juga tidak menyentuh tanah, sehingga listrik dari kabel bertegangan tinggi tidak mengalir ke bumi yang bertengangan rendah. Jadi, kita pun bisa seperti ajaibnya burung tanpa tersengat listrik bertegangan tinggi syaratnya pastikan kamu hanya menginjak salah satu kabel dan tubuhmu tidak menyentuh tanah maka kamu tidak akan tersengat kejutan listrik. Namun hal yang sulitnya apakah kalian mau memanjat keatas tiang dan apakah kalian bisa bertengger seperti burung ? silahkan mencoba :D

SUMBER :

0 komentar:

Posting Komentar